Harga Pelet Lele Meroket, Peternak Nglipar Manfaatkan Cangkang Telur

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Peternak budidaya ikan lele di Nglipar Gunungkidul mengeluh karena pakan ikan pelet mengalami kenaikan harga tiap pekan. Para peternak pun berinisiatif menggunakan cangkang telur untuk pakan pengganti.

Para peternak mendapat pendampingan dari tim Universitas Janabadra Yogyakarta yang terdiri dari Agus Mulyono, Muhammad Syamsiro dan Siti Rochma Ika. Mereka secara berkelanjutan akan terus melakukan pelatihan dan workshop pengelolaan pakan ikan lele Ristek Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Agus Mulyono mengatakan pihaknya menemukan sebuah perusahaan yang hampir tiap hari membuang cangkang telur dengan jumlah banyak, hitungan ton. Cangkang telur tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan ikan apabila ditunjang dengan mesin pembuat pakan.

“Selama ini pakan ikan ini dibuat manual dipenyet begitu. Nah, ketika ada bahan dan mesinnya, maka harapan kami peternak bisa membuat pakan sendiri. Dampaknya tentu bisa memangkas biaya budidaya juga bisa dijual ketika produksinya berlimpah,” ungkapnya, Minggu (10/10/2021).

BERITA REKOMENDASI