Hari Disabilitas, YAKKUM Luncurkan Buku Panduan ODDP

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Guna mendukung penanganan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP), Pusat Rehabilitasi YAKKUM meluncurkan Buku Panduan ODDP dan panduan pendamping di Hotel Cykaraya Wonosari, Selasa (07/12/2021). Bersama dengan Dinkas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul juga menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat. Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Disabilitas Internasional.

“Melalui buku ini pendamping ODDP dan masyarakat diharapkan mengenali gejala, proses pemulihan, obat dan pencarian bantuan untuk ODDP. Selain itu sebagai acuan pendampingan pemulihan ODDP di rumah,” kata Manajer Proyek Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat Pusat Rehabilitasi YAKKUM Siswaningtyas.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinkes dr Dewi Irawati, tim penulis buku dan diikuti perwakilan 30 puskesmas se Gunungkidul. Diungkapkan, buku ini juga dapat dipergunakan untuk layanan kesehatan jiwa. Termasuk untuk pasien dengan pendampingan keluarga agar lebih maksimal. Karena selain dengan pengobatan, juga diperlukan pendampingan keluarga untuk proses pemulihannya. “ Manfaatnya cukup besar dalam rangka mendukung layanan kesehatan jiwa di Gunungkidul, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawati menambahkan, melalui buku ini diharapkan penderita maupun pendamping bisa mengelola dan hidup normal. Bisa produktif baik pada sisi kesehatan maupun ekonomi. Sangat bermanfaat, karena seorang pendamping akan tahu apa yang harus dilakukannya. “ Dinkes sudah bekerjasama lama dengan Yakkum, harapannya bisa terus berlanjut. Karena pengelolaan kesehatan jiwa tidak mudah, dan harus melibatkan banyak pihak. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI