Hari Kesehatan Jiwa, KUBE Sihawa Panen Raya Lele

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pusat Rehabiliasi YAKKUM bersama Pemerintah alurahan Siraman melaksanakan panen raya lele di Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Siraman Sehat Jiwa (Sihawa) Dusun Besari, Siraman, Wonosari, Kamis (16/09/2021). Program ini salah satu bentuk kampanye menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Salah satunya program kesehatan jiwa berbasis masyarakat bagi orang dengan disabilitas psikososial.

“Pendampingan ini dimulai dengan memberikan bantuan modal baik untuk perorangan atau kelompok. Kegiatan ini untukmemobilisasi dukungan berbagai pihak dalam meningkatkan kesadaran kebersamaan dalam menciptakan lingkungan sehat jiwa. Serata perlakukan yang layak terhadap orang dengan disabilitas melalui kegiatan produktif, ” kata Program Kesehatan Jiwa Pusat Rehabilitasi YAKKUM Maria Bernadeth Rindiastami.

Kegiatan dihadiri Lurah Siraman Damiyo, Wardani Perwakilan Kapanewon Wonosari, Winarto wakil Dinas Sosial , Heni Setyawati Community Organizer Pusat Rehabilitasi YAKKUM, puskesmas, kader kesehatan jiwa dan undangan. Diungkapkan, pendampingan ini berjalan cukup bagus. Artinnya bisa untuk kembali di masyarakat dan mengembangkan usaha baik ternak lele, kambing sehingga akan semakin sehat jiwa dan rata.

Pelatihan atau pendampingan ini sekaligus sebagai sarana terapi. Sehingga akan memiliki kegiatan yang positif dan kembali dipercaya di masyarakat.

Sementara itu, Lurah Siraman Damiyo dan Wardani dari Kapanewon Wonosari menyambut baik program YAKKUM. Karena mampu memberikan pendampingan dan harapannya akan terus berlanjut. Membantu pemulihan kesehatan jiwa, termasuk ekonomi. (Ded)

BERITA REKOMENDASI