HeHa Ocean View Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Perekonomian Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kehadiran HeHa Ocean View menjadi magnet baru bagi kemajuan wisata Gunungkidul. Dengan konsep memberdayakan UMKM kuliner, HeHa Ocean View tak hanya sekedar mendatangkan wisatawan saja namun keberadaannya ternyata juga mampu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar dan memberi kontribusi bagi pendapat asli daerah (PAD).

HeHa Ocean View yang terletak di kawasan Pantai Gesing Girikarto Panggang Gunungkidul berdiri pada lahan seluas sekitar 1,5 hektar. Bangunannya yang berada di tebing setinggi sekitar 50 meter itu memanjakan pengunjung dengan pemandangan indah khas pantai selatan Gunungkidul.

Direktur Utama (Dirut) HeHa Ocean View, Hendro Suwandi menjelaskan sejak awal berdiri tempat usaha yang dipimpinnya itu telah menggandengan warga sekitar. Bahkan pihaknya juga membantu warga agar dapat memanfaatkan lahannya masing-masing guna merasakan dampak positif dari keberadaan HeHa Ocean View.

“Misalnya lahan parkir, itu tanah milik warga. Warga kesulitan menyewa alat berat untuk meratakan tanah, karena di Gunungkidul konturnya bebatuan. Kami membantu meratakan dengan mendatangkan alat berat,” ungkap Hendro Suwandi kepada KRJOGJA.com, Jumat (16/04/2021).

Dari sektor parkir, ia mengungkapkan HeHa Ocean View juga memberi kontribusi bagi kas desa. Pihak manajemen membagi pemasukan sektor ini yakni 70% bagi pemilik lahan, 15% kepada kas desa dan sisanya yakni 15% untuk HeHa Ocean View.

“Bahkan kini ada beberapa warga yang menjadikan lahannya sebagai seattle bus, karena bus tidak mungkin bisa berhenti dekat dengan HeHa Ocean View. Warga sekitar juga ada yang memanfaat keramaian dengan menjadi ojek motor untuk mengantar pengunjung dari tempat parkir hingga ke HeHa Ocean View,” sambungnya.

Seiring ramainya tempat ini dikunjungi wisatawan, kini banyak pula warga mendirikan warung makan di sekitar HeHa Ocean View. Mulai dari warung pecel lele, bakso, mie ayam semuanya ada di sana dan tak sedikit pun pihak manajemen mempermasalahkan keberadaannya.

Satu yang menurut Hendro Suwandi keberadaan HeHa Ocean View meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni 90% karyawan yang bekerja di tempatnya merupakan warga Girikarto. Mereka direkrut dan diberikan pelatihan sesuai bidang masing-masing agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi wisawatan yang datang.

Hendro Suwandi juga membantah anggapan jika untuk memasuki Pantai Gesing harus membayar retribusi di HeHa Ocean View. Ia menagaskan hal itu sama sekali tidak benar, retribusi masuk hanya diberlakukan bagi wisatawan yang akan berkunjung di HeHa Ocean View saja.

“Seperti pantai maupun obyek wisata lain di tanah air, untuk memasuki tentunya terdapat TPR (tempat pemungutan retribusi). Memasuki Pantai Gesing juga demikian, ada TPR yang pengelolaannya di bawah pemerintah daerah,” tegas Hendro Suwandi.

Ia menambahkan sejak adanya HeHa Ocean View banyak wisatawan berbondong-bondong datang di kawasan Pantai Gesing. Bahkan setiap Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya wisatawan terlihat mengantre di TPR.

“Dari TPR ini akan memberi pemasukan bagi PAD. Kami berharap keberadaan HeHa Ocean View akan membawa manfaat bagi semuanya, selain dapat membawa kesejahteraan bagi warga sekitar juga dapat memberikan pemasukan bagi pemerintah daerah,” pungkasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI