Home Visit, Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi Covid

WONOSARI, KRJOGJA.com – Guna memberikan pembelajaran maksimal, KB-TK Islam Al Azhar 55 Wonoasri mengadakan home visit (kunjung rumah) di masa pandemi Covid-19. Program ini tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari cuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak.

“Dengan home visit, peserta didik dapat melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang menyenangkan. Melakukan playing by learning ( bermain dengan belajar) sesuai bakat dan minat, karena setiap anak adalah unik dan masing masing memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga harus dibangun sesuai bakat dan minatnya agar berkembang dengan optimal baik secara visual maupun audio,” kata Kepala KB-TK Islam Al Azhar 55 Wonosari Tri Wahyuni Kurniasih SPd, Selasa (21/07/2020).

Sebelum menggunakan metode kunjung rumah, lanjutnya, telah dilakukan pembelajaran secara dalam jaringan (daring) atau online kurang lebih selama 4 bulan. Pengalaman pembelajaran daring ternyata ada hal-hal yang kurang efektif. Karena tidak mungkin sekolah online dilaksanakan secara penuh, maka KB- TK Islam al-azhar 55 wonosari melakukan pembelajaran secara home visit.

“Harapannya metode pembelajaran kunjung rumah dapat berkembang di Gunungkidul pada masa pandemi Covid-19 ini. Agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan mudah dipahami, tanpa meninggalkan kebiasaan baru yaitu bermasker, cuci tangan dan jaga jarak,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI