Hujan Diprediksi Oktober, BMKG Gelar SLCN di Sadeng

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prof Dwikorita Karnawati membukan pelaksanaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Pelabuhan Sadeng, Girisubo, Selasa (21/09/2021). Program ini untuk meningkatkan pemahaman nelayan terhadap informasi maritim. Sehingga mampu meningkatkan keterampilan nelayan dalam membaca, akses, menindaklanjuti dan mendiseminasikan informasi cuaca.

“Musim hujan diprediksikan akan turun di Bulan Oktober. Melalui program ini nantinya nelayan dapat membaca cuaca. Sehingga dapat memutuskan kapan dapat berlayar dan tidak,” kata Dwikorita Karnawati.

Kegiatan dihadiri Anggota DPR RI dari Fraksi PKB H Sukamto SH, Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Reni Kraningtyas, Kepala Dinas Kelautan Perikanan drh Krisna Berlian dan 50 nelayan. Anggota DPR RI H Sukamto memberikan apresiasi kepada BMKG menggelar sekolah lapang. Karena penting memberikan pengetahuan dan keselamatan bagi nelayan. Pemerintah pusat, daerah perlu memberika perhatian kepada nelayan.

“Juga sudah diusulkan bantuan perahu untuk nelayan, harapannya dapat terealisasi,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul H Sunaryanta menuturkan, melalui SLCN nelayan akan dapat mengetahui informasi cuaca, iklan dan lain sebagainya. Sehingga menjadi cukup penting dalam mendukung aktivitas di laut. Berkait potensi lain, tentunya sekolah lapang akan memberikan bekal yang cukup, termasuk memberikan informasi dan mendukung keselamatan aktivitas nelayan. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI