Hujan Kemarin Isolir Warga Semin

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul mengakibatkan terjadinya bencana longsor menimpa jalan desa di Dusun Mandesan Kecamatan Semin, Kamis (31/01/2019) dinihari. Terdapat 5 kepala keluarga (KK) terdiri dari 27 jiwa terisolir akibat ruas jalan yang longsor tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Selain longsor, hujan deras juga mengakibatkan 3 rumah milik warga Kecamatan Patuk dan Gedangsari hancur tertimpa pohon tumbang. “Kita masih lakukan pendataan rumah rusak terdampak hujan deras diikuti angin kencang tersebut,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Edy Basuki MSi.

Lumpuhnya arus lalu-lintas akibat longsor tersebut lantaran jalan yang mengalami longsor cukup panjang dan merusak total sarana transportasi warga tersebut. Ruas jalan yang mengalami longsor akibat hujan deras tersebut merupakan akses jalan satu-satunya yang setiap hari dilalui masyarakat untuk mobilitas mereka keluar permukiman dan desa.

Warga yang bepergian untuk sementara harus berjalan kaki melewati pinggiran jalan yang masih tersisa atau melewati pematang sawah. “Kita berharap ruas jalan ini bisa diperbaiki agar warga tidak terisolir,” imbuh Kepala Desa Semin, Tri Sutrisno.

Adapun jumlah warga yang terdampak dari longsornya ruas jalan utama ini terdiri dari 5 KK. Dari Pemerintah Desa, warga dibantu sejumlah relawan. BPBD, TNI/Polri dan Tagana saat ini tengah melakukan kerja bakti untuk melakukan perbaikan infrastruktur.

Diharapkan nantinya dengan perbaikan itu jalan dapat kembali pulih dan kembali dapat digunakan beraktivitas masyarakat sekitar bencana. Selain memperbaiki jalan yang rusak, antisipasi longsor susulan dilakukan dengan harapan jika terjadi longsor lagi tidak memakan korban.

Ditambahkan Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Drs Edy Basuki MSi, longsor yang terjadi di Dusun Mandesan dengan ketinggian longsor kurang lebih 3,5 meter dengan panjang 10 meter. Terkait dengan perbaikan ini BPBD telah mengirimkan logistik dan peralatan untuk melakukan penanganan lokasi longsor.

Hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam tersebut juga mengakibatkan kerusakan di sejumlah titik di Gunungkidul. Selain tanah longsor di Kecamatan Semin, juga terdapat pohon tumbang yang menimpa rumah milik Santo (50) warga Dusun Kayoman, Desa Serut, Kecamatan Gedangsari.

Intensitas hujan cukup lebat, disertai angin kencang sehingga mengakibatkan pohon setinggi 15 meter yang tumbuh di pekarangan rumah tumbang dan menimpa bagian atap rumah milik Santo (39) warga setempat, Hal serupa juga terjadi di Desa Serut, Kecamatan Gedangsari. Rumah milik Tugiman (54) rusak setelah tertimpa pohon jati. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI