Hujan Terus Menerus, BPBD Siagakan TRC

WONOSARI (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Mengingat cuaca saat ini tidak menentu dan sering terjadi hujan. Warga yang bermukim di kawasan rawan longsor perlu berhati-hati.

“Masyarakat perlu waspada, jika hujan deras dalam waktu cukup lama perlu mencari tempat yang aman. Terlebih bagi masyarakat di kawasan rawan longsor seperti Gedangsari, Patuk, Ngawen, Semin, Ponjong dan Nglipar,” kata Kasi Kegawatdaruratan BPBD Gunungkidul Sutaryono SSos, Jumat (23/09/2016).

Diungkapkan, mengantisipasi terjadinya bencana alam baik longsor, banjir maupun angin kencang, BPBD menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC). Tim ini akan langsung melakukan penanganan dan koordinasi bila sewaktu-waktu bencana alam terjadi. Selain itu, BPBD juga telah membentuk desa tangguh bencana. Sehingga masyarakat lebih siap melakukan penanganan, apabila bencana alam terjadi.

“Antisipasi bencana alam dilakukan secara maksimal,” ujar Sutaryono.

Sekretaris Tim SAR Korwil II Pantai Baron Surisdiyanto mengungkapkan, sebagian nelayan saat ini memilih libur melaut. Hanya sebagian kecil saja yang mencari ikan. Tim SAR tetap melakukan pengawasan terhadap perubahan gelombang laut yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Pemantauan dilakukan setiap saat, sehingga bisa memberikan informasi baik kepada pengunjung maupun nelayan agar lebih berhati-hati. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI