Human Error Dominasi Penyebab Lakalantas di Gunungkidul

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Jumlah  korban  tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalu-lintas   di Kabupaten Gunungkidul hingga memasuki akhir tahun tercatat menurun dibanding data dan rentang waktu yang sama pada tahun yang lalu.

"Jumlah korban tewas maupun angka pelanggaran menurun. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran  berlalu-lintas satu tahun terakhir meningkat. Hasil  evaluasi kami penyebab  kecelakaan lalu-lintas didominasi karena faktor manusia atau  (hu-man error). Jumlah kejadian selama satu tahun terakhir dengan jumlah korban tewas mencapai 55 orang, sedang-kan tahun lalu tercatat se-banyak 83 orang, ” kata Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Anang Tri Noviyan didampingi Kanit Laka-lantas Polres  Gunungkidul Ipda Sony, Kamis (26/12).

Tahun lalu khususnya kecelakaan lalu lintas selama satu tahun mencapai sebanyak 393  kasus dan tahun sebelumnya mencapai 468 kasus kecelakaan. Melihat dari data itu untuk tahun ini secara kuantitas meningkat mencapai hampir 700 kasus.

Karena itu upaya mencegah terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban tewas akibat kecelakaan lalu-lintas ini akan terus dilakukan dengan berbagai cara meskipun belum sepenuhnya seperti yang diharapkan. Upaya preventif tersebut di antaranya dilakukan giat operasi baik rutin maupun khusus, sosialisasi kepada pengguna jalan, gerakan disiplin  maupun dengan pengamanan pada titik-titik rawan. Khusus operasi rutin yang dilakukan  Satlantas Polres Gunungkidul telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap upaya menekan jumlah korban tewas maupun luka berat dan ringan.

”Bahkan akibat kecelakaan tahun ini tida kditemukan adanya korbanluka berat,” ujarnya.

Data kepolisian menyebutkan dari jumlah kecelakaan yang terjadi berdasarkan hasil Analisa  danEvaluasi (Anev) faktor manusia menjadi penyebab utama  terjadinya kecelakaan.

 

 

 

BERITA REKOMENDASI