Hutan Wanagama Ditawarkan Jadi Isolasi Mandiri Pasien Covid

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Jumlah pasien positif Covid-19 DIY terus bertambah hingga Sabtu (16/5/2020) hari ini. Jumlah pasien tak menunjukkan gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) pun mendominasi kasus di DIY yang mana mereka tetap harus menjalani isolasi agar penularan terhenti.

Jumlah ruang isolasi dari rumah sakit rujukan pun terus berusaha ditambah. Lima kabupaten/kota DIY diminta mempersiapkan apabila terjadi puncak lonjakan kasus yang diprediksi terjadi Mei 2020 ini.

Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Dr Budiadi menawarkan fasilitas kampus yang ada di Hutan Wanagama Gunungkidul untuk digunakan sebagai lokasi isolasi bagi Pemkab Gunungkidul. Di Wanagama menurut Budiadi ada 35 kamar dan 8 cottage yang bisa difungsikan sebagai lokasi isolasi.

“Kami mengusulkan Wanagama sebagai tempat isolasi warga Gunungkidul yang terinfeksi Covid-19. Universitas sudah memberikan dukungan untuk meningkatkan fasilitas di Wanagama,” ungkapnya pada wartawan melalui rilis tertulis.

Hutan Wanagama menjadi opsi bagi Pemkab Gunungkidul yang kesulitan mencari tempat isolasi. Letak Wanagama yang cukup jauh dari pemukiman menjadikan lokasi tersebut cocok sebagai isolasi.

Camat Playen, Setyawan Indrianto menyambut positif jika Wanagama benar-benar dijadikan lokasi isolasi. “Lokasi ini bisa jadi opsi bukan hanya bagi warga Playen tapi untuk Gunungkidul juga. Ini jadi opsi ketika isolasi di rumah tidak memungkinkan,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI