Ibu Paud Gunungkidul Dikukuhkan, Bangun Generasi Emas Sejak Usia Dini

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Bupati Gunungkidul H Sunaryanta mengungkapkan, Pemkab mendukung sepenuhnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Terlebih secara khusus dalam momentum Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menjadi langkah awal untuk bersama sama membangun generasi emas yang berkualitas sejak usia dini.

“Usia dini merupakan masa tumbuhnya potensi kecerdasan optimal. Apabila dilakukan pendampingan yang matang, tentunya akan menjadi generasi yang berkarakter unggul,” kata H Sunaryanta di acara Pengukuhan Ibu PAUD Gunungkidul dan kapanewon se Gunungkidul di Kantor Pemkab, Senin (23/08/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) H Ali Ridlo MM, Ketua Pokja PAUD Yogyakarta GKBray Adipati Paku Alam X dan undangan terbatas. Dalam kesempatan ini Ny Diah Purwanti Sunaryanta dikukuhkan menjadi Ibu PAUD Gunungkidul. Serta sebanyak 18 ibu PAUD kapanewon.

Diungkapkan, PAUD merupakan masa pendidikan anak pada fase pertama. Membentuk karakter melalui penerapan metode permainan yang atraktif dan menggembirakan. Sehingga akan memacu tumbuh kembang kreatfitas dan potensi diri.” PAUD menjadi penting dalam membangun kecerdasan, karakter, mentalitas hingga kreatifitas,” imbuhnya.

Dalam sambutannya Diah Purwanti Sunaryanta menuturkan, pengukukuhan Ibu Paud bukan sekedar formalitas biasa. Menjadi amanah yang harus dijalankan dengan komitmen kuat demi menghasilkan gerakan PAUD berkualitas.

“Program PAUD menjadi prioritas dalam pendidikan. Harapannya dapat melaksanakan amanah sebaik-baiknya. Pada 100 tahun Indonesia Merdeka nanti tidak mustahil akan hadir pemimpin hebat dari Gunungkidul,” ujar Diah. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI