Ikuti Standar Covid-19, PMI Gunungkidul 13 Kali Terima Jenasah dari Zona Merah

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunungkidul selama pandemi Covid-19 sudah menerima 13 jenazah dari zona merah dan wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ke-13 jenazah kiriman tersebut semua dimakamkan menggunakan standar kasus Covid-19. Terakhir ada dua jenazah dari Tangerang, Banten dan Jawa Tengah.

“Sampai saat ini layanan jenazah untuk pemakaman sebanyak 13 kali, selain itu terdapat layanan ambulans Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” kata Ketua PMI Gunungkidul Drs Iswandoyo MSi, Minggu (26/4).

Sesuai ketentuan protokol kesehatan terhadap kasus Covid-19, kata Iswandoyo pemakaman jenazah berpedoman aturan yang ada, menyangkut pelayanan ambulans menghadapi penyakit infeksi emerging (PIE), termasuk Covid-19. Pemakaman dilakukan oleh Tim BAdan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI Gunungkidul dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan terhadap kendaraan, peserta pemakaman, hingga area pemakaman sebelum dan sesudah acara pemakaman.

BERITA REKOMENDASI