Immawan Kerahkan SKPD Tangani Kemiskinan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Berjalannya program Sistem Informasi Desa (SID) di seluruh desa di Gunungkidul membantu pemetaan titik kemiskinan. Data tersebut dapat dijadikan acuan pemerintah dalam memaksimalkan berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan. Sampai saat ini angka kemiskinan di Gunungkidul mencapai 20,83 persen, pemkab menargetkan angka tersebut akan turun menjadi 15,83 persen.

“Pemkab akan mengerahkan program dan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam mengatasi kemiskinan,” kata Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Gunungkidul, Drs H Immawan Wahyudi MH kepada KRjogja.com, Kamis (04/08/2016).

Diungkapkan, SKPD harus memahami permasalahan kemiskinan sehingga bisa menuangkan dalam perencanaan dan kebijakan. Tiap dinas perlu memiliki kontribusi dalam penanggulangan kemiskinan, bahkan Tim Anggaram Pemerintah Daerah (TAPD) mengawal RAPBD agar bisa memberikan perhatian dalam mengatasi kemiskinan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Ir Syarief Armunanto MSI menambahkan, melalui SID nantinya data ditingkat desa akan bisa dipantau perkembangannya. Sampai sekarang data kemiskinan memang yang dipakai dari pusat. (Ded)

BERITA REKOMENDASI