Immawan Target Kemiskinan Turun 5 Persen

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menargetkan pengentasan kemiskinan akan semakin cepat. Targetnya turun 5 persen selama lima tahun pemerintahan. Namun dengan adanya program Kementrian Agama (Kemenag) dan BMT Dana Insani memberdayakan takmir masjid, waktunya bisa lebih cepat.

“Potensi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui takmir masjid cukup bagus. Bahkan jumlah masjid yang mencapai 1.800 unit mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan,” kata Immawan Wahyudi usai menjadi narasumber Orientasi dan Optimalisasi Zakat Produktif di ruang rapat IV Setda Gunungkidul, Senin (29/08/2016).

Kegiatan yang digagas Kemenag dan Baitul Maal BMT Dana Insani dihadiri Pengelola Binmas Islam Kemenag Hj Sri Sugiyanti, GM BMT Dana Insani Kurniawan Fahmi, perwakilan Dompet Dhuafa serta 80 nasabah BMT Dana Insani dari pengelola takmir masjid. Sri Sugiyanti di dampingi Kurniawan Fahmi  mengungkapkan, bersama dana Insani akan dikoordinasikan membentuk paguyuban. Sehingga minimal satu tahun terdapat 1 program kegiatan. “Salah satu program yang semula penerima zakat bisa meningkat kesejahteraan dan menjadi pemberi zakat,”jelasnya.

Fahmi menuturkan, pemberdayaan yang bisa dilakukan diantaranya penggemukan kambing, pengelolaan TPA, jamban sehat serta program lainnya. Asset yang dimiliki masing-masing masjid cukup besar, sehingga melalui pemberdayaan akan mendorong pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. (Ded)

BERITA REKOMENDASI