IZI Yogyakarta Resmikan Sumur Bor di Kayugerit Gunung Kidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Yogyakarta resmikan sumur bor untuk warga Padukuhan Kayugerit, Kalurahan Terbah, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (19/10/20210). Kayugerit merupakan dataran tinggi serta kondisinya berbatu, sehingga ketika kemarau tiba mereka kesulitan mendapatkan air.

Warga sekitar, Suparlan mengatakan sudah lama sekali masyarakat paadukuhan mengharapkan sumur bor. Sebab ketika kemarau panjang tiba mereka sangat kesulitan dalam mencukupi kebutuhan air.

“Harapan warga baru kali ini tercapai, bahkan sudah puluhan tahun menginginkan. Pada kemarau panjang agar kebutuhan air tercukupi, nanti dengan adanya sumur bor ini bisa tercukupi,” kata Suparlan.

Staff Kalurahan Terbah, Agus Sugiyoto mengucapkan terima kasih atas bantuan pengeboran sumur dan sarana air bersih untuk warga. Ia dan warga sekitar akan menggunakan sarana air bersih tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Dalam memanfaatkan sumur ini kami para warga ada program memakmurkan masjid. Dengan kegiatan ini diharapkan para warga dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah,” kata Agus.

Sebelum berhasil mendapatkan sumber mata air, warga sempat gagal mengebor sumur di beberapa titik. Namun, ini yang membuat dan lembaga IZI semakin bersemangat untuk memperjuangkan air bersih bagi warga dusun Kayugerit.

“Sudah dilakukan beberapa kali pengeboran, namun tidak kunjung mendapatkan mata air. Proses awal itu saya sangat mengikuti. Dalam hati saya ini tidak boleh mundur, justru kita jadikan pecut agar para warga bisa mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari,” kata Kepala Perwakilan IZI DIY, Sutarto yang hadir di acara peresmian sumur bor tersebut.

Ia juga berharap fasilitas sumur bor yang diberikan ini dapat dirawat dengan baik agar dapat berguna hingga ke generasi berikutnya. Selain itu keberadaan sumur ini diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. (*)

BERITA REKOMENDASI