Jadikan Perpustakaan Pusat Pembelajaran Masyarakat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos membuka Pameran Buku dan Arsip di  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Rabu (12/12/2018). Kegiatan dihadiri Kepala Balai Bahasa DIY Drs Pardi MHum, Kepala DPK Drs H Ali Ridlo MM, Kepala Dinas Kesehatan dr Dewi Irawati, Kepala DPK se DIY,  kepala dinas terkait, camat dan undangan. 

“Perpustakaan kini tidak hanya sekedar pinjam buku. Namun menjadi pusat pembelajaran masyarakat dan budaya. Melalui membaca buku, internet, pengetahuan masyarakat akan semakin meningkat. Sehingga mampu mengembangkan potensi yang ada. Terlebih sekarang pariwisa berkembang pesat,” kata H Ali Ridlo MM.

Dalam kesempatan tersebut bupati melakukan pemukulan gong, serta menerima buku dari Balai Bahasa DIY. Pameran ini digelar hingga, Senin (17/12/2018) mendatang. Diungkapkan, serangkaian acara pameran buku dan arsip juga diadakan bedah buku. Selain itu sosialisasi e-pusda, evaluasi layanan , pertemuan dengan stakeholder, lomba mewarnai hingga diskusi publik melawan intoleransi melalui karya sastra. 

“Perpustakaan kini menjadi wadah mencari solusi permasalahan di masyarakat. Pembelajaran sepanjang hayat dan sudah dikembangkan pada 29 desa. Karena dengan membaca akan memiliki wawasan luas, sehingga perpustakaan menjadi pusat transformasi pusat kegiatan masyarakat,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menuturkan, pemda memberikan apresiasi kepada DPK Gunungkidul yang telah menyelenggarakan pameran serta banyak meraih prestasi. Peranan perpustakaan dewasa ini akan mampu mendorong peningkatan kreatifitas masyarakat. Karena dengan membaca akan memunculkan ide, inovasi yang harapannya bisa mengembangkan potensi di masyarakat. Termasuk perpustakaan desa kini sudah berkembang dengan baik. Perpustakaan keliling juga perlu didorong untuk meningkatkan minat baca masyarakat. (Ded)

BERITA REKOMENDASI