Jaga Kesehatan Warga, Dinkes Optimalkan Peranan Klinik Sehat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Gunungkidul mengadakan workshop pengembangan klinik sehat di salah satu hotel di Wonosari. Klinik yang ada di tiap puskesmas ini melayani masyarakat mulai dari konsultasi gizi, kesehatan ibu anak, upaya berhenti merokok hingga kesehatan lain.

“Prinsipnya selain puskesmas melayani pasien, juga terdapat klinik sehat. Bentuknya merupakan layanan konsultasi bagi masyarakat yang sehat. Artinya masyarakat bisa datang untuk berkonsultasi berbagai hal tentang kesehatan, “ kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Gunungkidul Kartini SKM MM, baru-baru ini.

Kegiatan menghadirkan narasumber dr Iman Permana dari Fakultas Kedokteran UMY dan para peserta workshop. Diungkapkan, sejumlah puskesmas bahkan sudah dibekali alat untuk mendeteksi paru-paru. Masyarakat bisa berkonsultasi dan langsung mengecek fungsi paru-paru. Tim medis di klinik sehat akan membantu upaya untuk warga yang berkeinginan berhenti merokok. “Termasuk untuk pelayanan penanganan pencegahan penyakit TBc, ibu hamil resiko tinggi dan layanan lain,” ucapnya.

Dokter Iman dari UMY mengungkapkan, melalui workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan maupun kompetensi petugas klinik sehat. Agar dapat melayani masyarakat dengan lebih baik. Termasuk layanan bagi warga yang ingin berhenti merokok. “Diperlukan motivasi untuk benar-benar bisa berhenti. Termasuk dukungan dari keluarga, lingkungan dan masyarakat,” ucapnya.(Ded)

BERITA TERKAIT