Jalur ‘Tikus’ Ke Pantai Rawan Pungli

WONOSARI (KRjogja.com) – Pemkab Gunungkidul berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap   wisatawan Tahun Baru  agar tidak terperdaya ulah oknum pemandu wisata liar (Pak Ogah)  yang mengaku  bisa menunjukkan jalur‘tikus’ (alternatif) menghindari kemacetan arus lalu-lintas. 

Optimalisasi dan pengamanan jalur wisata tahun baru  sudah dilakukan  terkoordinasi. Selain menerapkan jalur bebas hambatan pada titik-titik rawan kecelakaan, disiagakan petugas. "Penataan dan pemberlakuan jalur lalu-lintas ke objek wisata pantai sudah dilakukan. Karena itu wisatawan agar tetap melalui jalan yang ditentukankan pemkab, dishubkominfo dan polres,” kata   Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul, Harry Sukmono  Rabu (28/12/2016).

Harry  menghimbau wisatawan tetap mengikuti jalur yang benar jangan melalui jalan yang belum laik untuk dilalui sehingga bisa membahayakan keselamatan. Selain rawan kecelakaan dan pungutan wisatawan yang masuk  pantai didak melalui pos Tempat Pemungutan Retribusi  (TPR) selain tidak menerima tiket juga tidak 'di back up' asuransi jiwa.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP  Samiyono  menyatakan selain melakukan pengamanan sepanjang jalan menuju kawasan objek wisata telah disiagakan 20 personel tim pengurai kemacetan dan 20  personel tim ganjal ban di sejumlah tanjakan rawan kecelakaan. (Ded)

BERITA REKOMENDASI