Jalur Jalan Lintas Selatan Didesain Ulang

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kabupaten Gunungkidul saat ini masih terus dalam proses pengerjaan di beberapa titik. Bahkan sesuai dengan rencana, pemerintah akan melakukan pelebaran di ruas jalan Legundi (Panggang)-Planjan (Saptosari) sepanjang 19 kilometer.

Saat ini lebar jalan mencapai 14 meter dan dari hasil kajian tim provinsi jalur tersebut masih kurang lebar. Sehingga akan dilebarkan lagi menjadi 30 meter dengan dibangun 4 lajur (kanalisasi).

”Pemerintah melakukan redesain atau desain ulang atas pembangunan JJLS di segmen tersebut dan nantinya dibuat menjadi 4 lajur,” kata Pendamping Lapangan Proyek JJLS Provinsi DIY Harno.

Redesain terhadap pembangunan JJLS ini dimaksudkan agar jalan di sisi selatan Kabupaten Gunungkidul semakin lebar dan mempermudah akses lalu lintas masyarakat maupun wisatawan. Mengingat JJLS khususnya yang dibangun dari perbatasan Bantul hingga Wonogiri, Jawa Tengah sampai Jawa Timur ini harapannya dapat memperlancar arus lalu-lintas dan menumbuhkan sektor perekonomian masyarakat .

Pada segmen ruas jalan Legundi-Planjan panjang jalannya mencapai 19 km meter dan terkait dengan rencana pelebaran jalan akan dilakukan sosialisasi dengan sasaran warga sekitar yang terdampak pembebasan lahan. ”Sosialisasi yang berkaitan dengan persiapan dan kebutuhan lahan tengah dilakukan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana (Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang) Kabupaten Gunungkidul, Winaryo mengatakan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan direncanakan dilakukan tahun 2022. Kemudian untuk desainnya jalur tersebut akan dibuat 4 lajur atau kanalisasi layaknya ringroad.

Dua jalur untuk mobil dan dua jalur lainnya untuk motor. Masing-masing nantinya dengan arus lalu-lintas se arah. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI