Jamasan Tosan Aji, Lestarikan Warisan Leluhur

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk upaya meletarikan tradisi dan merawat warisan leluhur, Dinas Kebudayaan (Kunda Kabudayan) Gunungkidul bersama Kalurahan Logandeng menggelar Jamasan Tosan Aji. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Hari Jadi ke 126 Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Benda yang dijamas merupakan milik pusaka kalurahan dan masyarakat.

“Melalui rangkaian peringatan Hari Jadi Logandeng, masyarakat akan dapat mengetahui sejarah berdirinya kalurahan. Termasuk pelaksanaan jamasan tosan aji, karena kalurahan maupun masyarakat juga ada yang memiliki pusaka,” kata Lurah Logandeng Suhardi, Rabu (15/09/2021).

Kegiatan yang didukung dana keistimewaan DIY dihadiri Kepala Kundha Kabudayan Gunungkidul Drs Agus Kamtana MSi, Kabid Warisan Budaya Agus Mantara MM dan undangan. Kepala Kundha Kabudayan Gunungkidul Agus Kamtana menambahkan, jamasan tosan aji dimaksudkan untuk merawat tradisi warisan lelulur. Peninggalan nenek moyang zaman dahulu. Melalui jamasan tosan aji, maka peninggalan akan lebih terawat dan tidak rusak.

“Tentu ini merupakan bagian dari melestarikan sejarah yang mengikuti dari peninggalan para leluhur tersebut,” ujarnya.(Ded)

BERITA REKOMENDASI