Jangan Asal Pilih, Sekda Harus Berkompeten

WONOSARI (KRjogja.com) –  Ketua DPRD Gunungkidul Suharno SE meminta penataan jabatan di lingkungan Pemkab dilakukan secara professional. Pejabat yang ditempatkan harus sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Termasuk di dalamnya nantinya jabatan sekretaris daerah (sekda).  

"Penataan pejabat perlu dilakukan dengan kompetensi yang bersangkutan. Jangan sampai asal pilih pejabat, karena akan berpengaruh pada kinerja pemerintahan daerah,” kata Ketua DPRD Gunungkidul Suharno SE, Selasa (12/07/2016).

Kepala BKD Gunungkidul Sigit Purwanto menambahkan, pelaksanaan pengisian pejabat di pemkab sesuai dengan PP 100/2000 yang diubah dalam PP 13/2002 tentang pengangkatan PNS dalam jabatan struktural.
"Untuk pengisian sekda, panitia seleksi (pansel) akan dibentuk oleh Pemda DIY. Baru akan dibentuk, untuk seleksi tergantung dari pansel apakah diselenggarakan di Gunungkidul atau DIY,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menambahkan, langkah proses penataan pejabat sudah mulai dilakukan. Untuk pejabat eselon 4 yang akan naik menjadi eselon 3 dan seterusnya sudah mengikuti tes di DIY. Termasuk pengisian pejabat sekda definitf yang dilakukan dengan sistem lelang. (Ded)

BERITA REKOMENDASI