Jathilan Meriahkan Rasulan Desa Ngawis

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – ‎Memeriahkan gelar budaya dan Rasulan atau bersih desa, masyarakat Dusun Ngawis 1 dan 2 menyelenggarakan pentas jathilan dan musik, Rabu (10/08/2016). Seni jathilan Turonggo Cahyo Mudho Ngawis Pimpinan Suro Dalyanto ini mampu memberikan hiburan kepada masyarakat. Selain banyak penonton, kegiatan ini ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dukuh Ngawis 2 Marjuki menambahkan, rangkaian kegiatan Rasulan ini merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan. Untuk puncak acaranya akan diselenggarakan pada, Sabtu (20/08/2016) mendatang di Balai Desa.

“Selain kirab gunungan pada masing masing dusun, akan ditampilkan pertunjukan wayang kulit pada malam harinya,” jelasnya.

Dukuh Ngawis 1 Ihsan Sunaryo menuturkan, selain sebagai ungkapan syukur, melalui berbagai agenda yang diselenggarakan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar masyarakat. Agenda bersih desa dilakukan setiap tahun, tahun ini cukup meriah acaranya karena dijadikan satu di tingkat desa. (Ded)

BERITA REKOMENDASI