Jokowi Kurban Sapi 1,1 Ton di Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantu seekor sapi dengan berat sekitar 1,1 ton untuk warga Kabupaten Gunungkidul yang nantinya akan disembelih saat Idul Adha di Masjid Nurmaíunah, di Dusun Watugilang B, Desa Mulusan Kecamatan Paliyan.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Gunungkidul, Azis Shaleh, penyerahan hewan kurban dari Presiden RI Jokowi tersebut akan dilangsungkan di Kantor Gubernur DIY pada Jumat (09/08/2019) besok bersamaan dengan bantuan hewan kurban dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Setelah diserahterimakan tersebut akan dikirim ke tempat sasaran untuk disembelih saat Idul Adha,” kata Azis.

Khusus untuk sapi dan hewan kurban bantuan dari Gubernur DIY nantinya akan diberikan ke Masjid Besar Al-Ikhlas, Wonosari. Adapun informasi seekor sapi bantuan dari Presiden Jokowi yang beratnya mencapai 1,1 ton dengan jenis (varian) adalah Simentalyang saat ini menyangkut kondisi kesehatan sapi akan terus dipantau hingga tiba waktu penyembelihan.

Nantinya pemantauan kesehatan hewan kurban termasuk milik masyarakat akan dilakukan oleh petugas veteriner dari (Dinas) Pertanian Provinsi (DIY). “Kita berharap hingga sampai pelaksanaan Idul Adha seluruh hewan kurban dalam kondisi sehat,” imbuhnya.

Sementara dari pantauan di sejumlah pasar hewan pada H-5 Idul Adha, penjualan hewan kurban terus meningkat. Bahkan mendekati pelaksanaan Idul Adha harganya terus naik, harga sapi kurban yang pekan lalu untuk jenis sapi Rp 23 juta naik menjadi Rp 24 juta – Rp 25 juta. Untuk jenis kambing kurban yang semula Rp 2,4 juta naik menjadi Rp 2,5 juta.

Sedangkan permintaan untuk hewan kurban keluar daerah termasuk luar DIY seperti Jakarta dan Bandung, Jawa Barat juga mengalami peningkatan. “Hari ini, banyak pembeli hewan kurban dari Jakarta dan Bandung berdatangan,” kata Suprapto. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI