Kapanewon Gedangsari Juara Pelunasan PBB

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJogja.com – Kapanewon Gedangsari memperoleh penghargaan dari Bupati Gunungkidul karena selama 4 tahun berturut-turut tertib dalam menyelesaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bahkan pelunasan PBB ini sudah selesai jauh hari sebelum masuk jatuh tempo.

Panewu Gedangsari Martono Iman Santosa, Jumat (25/06/2021) menuturkan, memang diberikan target khusus bagi kapanewon hingga bawah. Sebagai upaya untuk proses pelunasan PBB dapat selesai sebelum jatuh tempo.

“Keberhasilan program ini tidak lepas dari kesadaran dan peran masyarakat di Gedangsari. Bahkan selalu diberikan pemahaman bahwa pajak ini memiliki imbal balik bagi kemajuan wilayah. “ Koordinasi dan komunikasi selalu dilakukan baik dengan lurah, dukuh, tokoh masyarakat dan warga,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul H Sunaryanta mengungkapkan, keberhasilan ini diharapkan menjadi contoh kapanewon yang lain. Tentu kecepatan lunasnya pajak di Gedangsari melalui kerjasama dan komunikasi yang baik antara Penewu, lurah dan dukuh. “Kapanewon Gedangsari ini bisa melunasi PBB jauh hari sebelum masuk jatuh tempo. Hal ini tentu patut diapresiasi dan bisa di kembangkan di kapanewon yang lain. Sehingga mampu menggerakan masyarakat untuk membayar pajak lebih tertib. Pemkab memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk masyarakat Gedangsari sehingga nantinya dapat dicontoh wilayah lain,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut bupati memberikan hadiah prestasi kepada Panewu dan Lurah berupa uang tunai. Menjadi stimulan untuk mendorong agar kinerja lebih meningkat. Ded)

 

BERITA REKOMENDASI