Karya Batik Kalurahan Kedungkeris Diluncurkan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Masyarakat Dusun Krawarasan, Kalurahan Kedungkeris mengadakan ‘Fashion Show In The Village’. Dalam kesempatan ini ditampilkan dan diluncurkan karya batik asli Kedungkeris. Pelaksanaan kegiatan ini cukup menarik perhatian masyarakat, karena biasanya diselenggarakan di kota, berpindah di tengah dusun maupun desa.

“Sebelum membuat batik Kedungkeris, harus mempelajari sejarah perjalanan terbentuknya kalurahan. Dalam batik ini ditampilkan gambar keris dan kedung,” kata Desainer Motif Batik Kedungkeris Guntur Susilo, Jumat (21/08/2020).

Pembuatan batik Kedungkeris ini memerlukan waktu 2 minggu. Selain menampilkan sejarah, pewarnaannya cenderung cerah seperti warna hijau, pink, kuning, ungu dan merah. Tokoh budayawan Kwarasan, Kedungkeris, Nglipar Sunaryanta mengungkapkan, masyarakat Kedungkeris cukup kreatif. “Selain untuk memperkenalkan batik asli Kedungkeris, juga untuka memperingati HUT -75 Republik Indonesia,” imbuhnya.

Pertunjukan lanjutnya, dikolaborasikan dengan pertunjukan wayang kulit. Belakang panggung terdapat dalang yang memainkan cerita wayang dan diiringi musik kombinasi Jawa dan Bali. Jika selama ini fashion hanya digelar di perkotaan dan tertutup, masyarakat bisa menikmati pertunjukan di dusun maupun desa ‘beratapkan langit’. (Ded)

BERITA REKOMENDASI