Kasus Covid-19 Melonjak, Kini Muncul Klaster Baru Pabrik Tas di Playen

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI KRJOGJA.com – Lonjakan penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Gunungkidul terjadi lagi dan penambahan terkonfirmasi positif terbanyak dari klaster Pabrik Tas di Nogosari, Bandung, Playen Sabtu (05/06/2021). Hasil tracing Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul terdapat 21 orang terdiri dari pemilik pabrik dan karyawan dinyatakan positif Covid-19 yang seluruhnya kini sudah menjalani karantina.

“Total warga terkonfirmasi positif Covid-19 ada 41 orang dan khusus klaster pabrik tas ada 21 orang,” kata Kadinkes Gunungkidul dr Dewi Irawaty MKes, Sabtu (05/06/2021).

Terkait dengan lonjakan kasus ini, dinkes terus melakukan tracing terhadap seluruh pekerja pabrik termasuk keluarga masing-masing karyawan. Karena para pekerja tersebut tidak tinggal di mess milik pabrik tetapi berangkat dan pergi ke tempat kerja dari rumah tinggal mereka masing-masing. Sehingga bukan tidak mungkin terjadi penularan yang lebih luas. Terkait dengan hal tersebut maka tracing dinkes terus dilakukan secara luas tidak hanya di lokasi pabrik termasuk terhadap pihak leluarga yang terkonfirmasi positif. Dengan harapan agar dapat memutus msta rantai penularan.

“Kami tetap meminta masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara perkembangan lonjakan penularan Covid-19 dalam sejak 4 hari lalu Rabu (02/06/2021) hingga sabtu (05/06/2021) jumlah warga terkonfirmasi positif dalam catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul mencapai 138 orang. Dengan jumlah korban meninggal positif Covid-19 sebanyak 6 orang. Sedangkan jumlah pasien sembuh selama tiga hari sebanyak 47 orang.

BERITA REKOMENDASI