Kecamatan Panggang Juara Lomba Pranatacara

WONOSAR, KRJOGJA.com – Kecamatan Panggang dinyatakan juara pertama lomba pranatacara tingkat Kabupaten Gunungkidul dengan menyisihkan 17 perwakilan dari masing-masing kecamatan se Gunungkidul dengan memperoleh nilai 1.187,5. Sedangkan Juara II diraih Kecamatan Patuk dengan nilai 1.170,5 juara III Kecamatan Rongkop nilai 1.158,8. 

Juara Harapan I Kecamatan Ngawen nilai 1.137,8 dan Juara Harapan II Kecamata Girisubo dengan nilai 1.136,2." Peserta lomba merupakan perangkat desa berusia maksimal 40 tahun," kata Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Sigit Pramudianto MSI Minggu (13/10/2019).

Jumlah peserta dalam kegiatan ini, dari masing-masing kecamatan yang sebelumnya diberikan pelatihan dan bimbingan teknis selama tiga hari. Lomba ini digelar berdasarkan hasil persentasi perangkat desa di Gunungkidul banyak yang belum piawai dalam bahasa dan sastra Jawa cukup tinggi. Padahal, sebagai wakil sekaligus tokoh masyarakat mereka dituntut harus turut aktif dalam seluruh kegiatan yang dilakukan oleh warga.

"Perangkat desa menjadi tokoh  dan wajibmengetahui pranatacara maka  berbagai acara seperti pernikahan dan lainnya,” imbuhnya.
Setiap kecamatan mengirimkan kelompok masing-masing terdiri 4 orang. Mereka berperan sebagai pambiawara, pambagyoharjo, pasrah manten, dan atur  panampi.TAdapun kriteria penilaian berupa wiraga (busana) 20 persen, wirama (irama) bobot 25 persen, wekdal (waktu) bobot 10 persen, wirasa (penjiwaan) bobot 15 persen dan wicara (lafal) bobot 30 persen. Para juara  mendapatkan piala dan  hadiah uang  pembinaan baik untuk kategori kelompok maupun perorangan. (Bmp)
 

BERITA REKOMENDASI