Kecamatan Semin jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Gunungkidul

WONOSARI, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul Hj Badingah menyatakan perencanaan pembangunan tahun 2020 akan menjadi bahan untuk mengambil kebijakan sekaligus menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan Pemda.

Kecamatan Semin hingga saat ini merupakan pusat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu merupakan wilayah perbatasan yang berpotensi sehingga wilayah Semin menjadi kawasan strategis dalam pengembangan bidang industri. "Kecamatan Semin merupakan wilayah perbatasan yang selama ini memiliki banyak potensi,” katanya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan, Semin Kamis (31/1).

Selama ini, kata Bupati angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul terus mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya pemberdayaan yang mampu menumbuhkan sektor perekonomian bagi masyarakat. Karena itu Kabupaten Gunungkidul harus berubah agar tidak dipandang sebelah mata. Caranya, dengan mendorong generasi mudanya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Bupati menjelaskan selama ini Kabupaten Gunungkidul telah memperoleh puluhan penghargaan yang dianugerahkan dari pemerintah. ”Semua ini bisa tercapai berkat kerjasama, sinergitas antara pemerintah daerah bersama warga masyarakat,”
imbuhnya.

Dalam kesempatan itu,bupati mengajak agar dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada April mendatang, masyarakat dapat menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, sejuk aman dan damai di wilayah Kecamatan Semin, dan Gunungkidul pada umumnya. "Kami berharap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Kecamatan Semin tetap terjaga,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Semin Witanto menjelaskan yang menjadi prioritas wilayah Kecamatan Semin yakni mewujudkan pemberdayaan sumber daya alam dan peningkatan perencanaan pembangunan. Rencananya di Kecamatan Semin akan dibangun showroom produk unggulan yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan dan tempat menampilkan produk kerajinan, makanan olahan dan sebagainya dari seluruh wilayah Semin. "Semoga program ini segera terealisasi dan Kecamatan Semin bukan hanya sebagai tujuan wisata tetapi menjadi penyangga wisata,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI