Kecelakaan Laut 2019 Terjadi 90 Kasus, 15 Orang Meninggal

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kasus kecelakaan laut yang terjadi sepanjang tahun 2019  menyebabkan sebanyak  15 orang  meninggal dengan jumlah kasusnya  mencapai  90 kejadian. Dari jumlah tersebut sebagian besar berhasil diselamatkan. 

"Keterbatasan personel dan peralatan masih menjadi kendala dalam upaya   penyelamatan korban," kata Koordinator SAR Satlinmas Korwil II  DIY Marjono, Kamis (2/1/2020). 

Pada tahun 2018 jumlah kasusnya terjadi 98 kasus kecelakaan laut dengan  menyebabkan sebanyak 128 orang warga terseret ombak di sejumlah pantai. Tahun 2019 Berdasarkan dengan angka kejadian tersebut maka mengalami penurunan jika dibandingkan dengan sepanjang tahun  lalu . Hanya saja untuk korban tewas meningkat, selama tahun 2019 jumlah korban tewas 14 orang dan 1 korban dinystakan hilang. Untuk wilayah Korwil I DIY meliputi Perairan Rongkop dan Girisubo selama tahun 2019, terdapat 9 kasus kecelakaan laut dengan jumlah 20  orang. Dari jumlah tersebut 16 korban dinyatakan selamat, sementara 4 korban dinyatakan meninggal dunia.

“Seluruhnya  korban tewas adalah laki-laki, dengan beragam kecelakaan kapal hingga kecelakaan laut oleh wisatawan,” imbuh Koordinator SAR Satlinmas Korwil I DIY Sunu Handoko Bayu Segoro SIP.

Sementara  untuk Wilayah II  DIY yang meliputi perairan Tanjungsari, Saptosari, Panggang dan Purwosari Kabupaten Gunungkidul, kasus kecelakaan laut selama tahun 2019  terjadi sebanyak  81 kasus kecelakaan laut. Dari jumlah tersebut melibatkan 109 korban. “Dari data kami 98 korban selamat, 10 meninggal dan satu hilang,” ucap Marjono.

Dari 81 kasus kecelakaan tersebut didominasi akibat kelalaian pengunjung yang tidak mengindahkan imbauan dan.melanggar larangan mandi dan bermain  air di laut.

pihaknya selalu mengimbau, wisatawan Pantai Selatan yang memiliki arus pertemuan ombak  dari laut dan aliran ombak arus balik (rip current) di titik-titik tertentu. Sehingga wisatawan harus patuh dengan imbauan  Untuk mematuhi larangan. Khusus di perairan wilayah Korwil II sepanjang tahun 2019, terdapat 90 kasus kecelakaan laut. Sebanyak 114 korban selamat sementara 14 korban meninggal dunia dan 1 korban dinyatakan hilang. Untuk Korwil II DIY ini terdapat 37 titik pantai yang menjadi wilayah operasional. Idealnya untuk satu kawasan pantai ada 3  personel SAR.(Bmp)

BERITA REKOMENDASI