Kematian Ternak Zona Merah Anthraks Terjadi Lagi

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kasus kematian hewan ternak jenis kambing diduga antraks kembali terjadi di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari Kabupaten Gunungkidul.

Terkait dengan kasus kematian tersebut Dinas Peternakan dan Kesehatan mengirimkan petugas untuk melakukan penanganan dan mengirimkan sampel ke BBVet Wates untuk diuji laboratorium. “Uji lab kami lakukan karena sebelumnya ditemukan kasus anthraks di wilayah ini,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Retno Widyastuti, Rabu (9/2/2022).

Saat ini, kalurahan tersebut telah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran anthraks. Karena itu begitu mendapatkan laporan perihal adanya seekor kambing yang mati mendadak di Kalurahan Hargomulyo. Petugas kemudian bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan mulai dari penguburan bersama warga, pengambilan sampel dan lainnya.

Dengan adanya kasus kematian kambing tersebut, total sudah ada 17 ternak di Gunungkidul yang mati sejak pertengahan Desember sampai Februari ini. Adapun berdasarkan hasil laboratorium BBVet Wates, belum semuanya turun. Sementara baru 2 sapi dan seekor kambing di Kalurahan Gombang yang dinyatakan positif anthrak.

“Masyarakat tetap kami edukasi untuk mengubur ternak yang mati. Jangan sampai ada kejadian ternak sakit kemudian mati dan dibrandu (sembelih serta konsumsi),” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI