Kemenag Gunungkidul Mujahadah Peringatan Hari Santri Nasional

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRjogja.com – Memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gunungkidul menggelar mujahadah di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag, Rabu (20/10/2021) malam. Mujahadah dilaksanakan secara luring dan daring melalui kanal youtube Kemenag Gunungkidul.

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Drs H Sa’ban Nuroni, MA mengungkapkan, munculnya resolusi jihad dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda yang akan menjajah kembali Indonesia yang telah memproklamasikan kemerdekaannya.
“Resolusi jihad menjadi ruh Hari Santri. Seruan jihad dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. Para santri dengan bimbingan kiai, bertempur habis-habisan dan akhirnya muncul Hari Pahlawan. Sehingga hubungan antara hari santri dengan Hari Pahlawan sangat erat,” kata Sa’ban Nuroni MA.

Mujahadah dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad, KH. Akhmad Kharis Masduki dan hadir para pejabat Kankemenag Gunungkidul. Diungkapkan, mujahadah dalam rangka mendoakan para pejuang yang telah berjasa mempertahankan kemerdekaan. Semua lapisan khususnya dari para santri, ulama dan kiai. Semoga amalnya diterima Allah dan ditempatkan di surga Allah.

“Kita memiliki kewajiban untuk meneruskan perjuangan para pejuang dengan cara bekerja sebaik mungkin di Kemenag dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang agama. Ketika melayani dengan sebaik mungkin, berharap dinilai sama dengan perjuangan para ulama, kiai dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan,” ungkapnya.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H Yosep Muniri MA menuturkan, beberapa kegiatan dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021 diantaranya Halaqoh moderasi beragama bersama khatib Jum’at, Vaksinasi Kita Jaga Kiai Sapu Jagat, Mujahadah Hari Santri, Apel Hari Santri, Menulis Mushaf Al Qur’an, Bantuan modal bagi UMKM hingga Rehab rumah. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI