Kepada Immawan, Mereka Menaruh Harapan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Limabelas hari menjelang pencoblosan Pilkada di Gunungkidul, sejumlah tokoh mulai angkat suara, mendukung pasangan Immawan Wahyudi – Martanti Soenar Dewi. Pasangan nomor urut 02 ini didukung oleh sederet tokoh, seperti Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Amien Rais, Anggota DPR RI Subardi dan Adik Ipar Presiden Joko Widodo, Wahyu Purwanto.

Dukungan mereka karena dua faktor. Pertama kemampuan dan sederet prestasinya. Kedua karena kekhawatiran Gunungkidul salah urus jika masyarakat ‘termakan’ politik uang.

Busyro Muqoddas menilai, Immawan Wahyudi adalah pribadi yang low profile. Keteguhan akhlak dan moralitasnya membuat Immawan konsisten menolak segala bentuk gemerlap duniawi. “Saya termasuk yang percaya dengan kualitas akhlak politik Immawan Wahyudi. Beliau konsisten di jalur kebaikan serta disiplin mengemban amanah,” ujar Ketua PP Muhammadiyah ini, kemarin.

Amien Rais, mantan Ketum PP Muhammadiyah yang juga Ketua MPR 1999-2004 mengaku bukan setahun dua tahun mengenal Immawan Wahyudi. “Kenal sejak menjadi mahasiswa IAIN Sunan Kalijaga di awal 80-an. Masuk dunia politik 10 tahun menjadi anggota DPRD DIY dan 10 tahun menjadi Wakil Bupati Gunungkidul,” kata Amien.

Bagi pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Immawan bukan sekadar pemimpin yang merakyat, melainkan rakyat yang menjadi pemimpin. “Mas Immawan menunjukkan kepemimpinan yang baik. Merangkul rakyat. Sangat dekat dengan rakyat,” jelas Amien.

Lain cerita dari Anggota DPR Fraksi NasDem, Subardi. Sejak awal partainya mengusung Immawan-Martanti, tidak ada sepeser pun mahar politik yang menjadi kesepakatan. “Pencalonan ini murni dari kehendak rakyat. Dengan 9 kursi DPRD, NasDem mengusung sendiri, tanpa transaksi, tanpa manipulasi,” tutur Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Legislator dari Dapil DIY itu yakin, masyarakat tidak tergoda politik uang dari para kontestan yang tidak punya pengalaman. “Mayarakat ingin pembangunan yang sudah tertata tidak berjalan mundur kalau Gunungkidul hanya karena pemimpin tak berpengalaman,” terang Subardi.

Sementara adik ipar Presiden Joko Widodo, Wahyu Purwanto memandang Immawan sebagai pribadi pekerja keras dengan segudang prestasi. “Kemajuan Gunungkidul saat ini adalah bukti kinerja pak Immawan bersama Bupati Badingah. Rekam jejaknya bagus, tak pernah ada kasus,” jelasnya.

Ia pun yakin, perjuangan 10 tahun memajukan Gunungkidul akan berbuah dukungan yang masif dari masyarakat. “Kerja keras beliau tidak akan sia-sia. Saya yakin kemampuan dan pengalamannya masih dibutuhkan masyarakat,” kata Wahyu. (Has)

BERITA REKOMENDASI