Kimy, Penjual Ayam Goreng Asal Gunungkidul Tembus Panggung LIDA 2021

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Imroatul Khoiriyah (23) warga Wonosari Gunungkidul terpilih mewakili DIY dalam ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021. Ibu satu anak yang kesehariannya berjualan ayam goreng ini berhasil menyisihkan puluhan peserta audisi DIY, hingga akhirnya berhak melaju dalam panggung LIDA 2021 bersama 70 kontestan lain dari berbagai daerah di tanah air.

Terlahir dari keluarga sederhana, Imroatul Khoiriyah sejak kecil memang menggemari musik dangdut. Bagi perempuan yang akrab disapa Kimy ini, dangdut merupakan bagian dari perjalanan hidupnya dan mimpi yang ingin ia wujudkan.

“Sering menyanyi dangdut dan diundang untuk mengisi hajatan. Dari situ Kimy banyak belajar menyanyi, disamping mendengarkan lagu-lagu yang dibawakan penyanyi-penyanyi kondang dangdut,” kata Kimy saat ‘Media Tour LIDA 2021’ Provinsi DIY yang digelar secara virtual, Kamis (11/03/2021).

Bakat dangdut Kimy semakin terasah setelah ia menikah dengan suaminya yang merupakan pekerja studio musik di Wonosari. Cengkok dangdut khasnya yang mampu mencapai nada-nada tinggi menjadi salah satu keunggulan dari seorang Kimy.

Walau telah memiliki modal vokal yang bagus, namun Kimy mengaku tak pernah bernyanyi dari panggung ke penggung. Ia mengungkapkan, baik orangtua maupun suami melarangnya untuk menjadi biduan di atas panggung.

Orang yang dicintainya itu selalu berpesan, jika ingin mengembangkan bakat bernyanyi dangdut harus secara total dan profesional. Kualitas suara harus menjadi yang utama, bukan semata pada memamerkan joget maupun goyangan di hadapan banyak penonton.

“Sekarang dapat izin dapat suport dari suami dan keluarga karena ikut LIDA secara profesional. Bersyukur bisa lolos dan tampil di LIDA untuk berkompetisi menjadi nomor satu,” tambahnya.

Keberhasilan Kimy dalam LIDA tahun ini bukan diperoleh begitu saja. Pada tahun 2020 perempuan berwajah oriental ini juga pernah mengikuti ajang besutan Indosiar tersebut dan terpaksa harus tersisih pada tahapan ‘video booth’

Kegagalan tersebut tak membuat Kimy patah arang, ia semakin gigih berlatih dan bertekad untuk kembali menjajal peruntungan tahun berikutnya. Setelah mengikuti serangkaian tahapan dan audisi, akhirnya Kimy dinyatakan lolos mewakili DIY dalam LIDA tahun ini bersama Anting Renowindari Widodo.

“Ingin membanggakan keluarga dan Kimy mau membuktikan kalau mampu menjadi penyanyi dangdut profesional. Terlebih lagi Kimy ingin mengharumkan nama Kabupaten Gunungkidul dan Provinsi DIY,” pungkasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI