69 Warga Gunungkidul Terdeteksi Kategori ODP

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Orang Dalam Pantauan (ODP) Corana Virus Disaese (Covid-19) di Gunungkidul terus meningkat. Dua hari lalu jumlah ODP baru tercatat sebanyak 6 orang, namun kini jumlahnya meningkat menjadi 69 orang dan terdata sebanyak 2 orang ditetapkan dalam Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang juga mengalami peningkatan 1 orang.

”Data tersebut terus kami perbarui setiap saat untuk dilaporkan ke Provinsi DIY dan kita tindaklanjuti,” kata Kepala Dinkes Gunungkidul, dr Dewi Irawaty MKes, Kamis (19/03/2020).

Terkait dengan antisipasi dan penyebaran Corona pihaknya terus melakukan penelusuran di masyarakat dan khusus pada tindakan antisipasi dilakukan dengan gerak cepat untuk mengantisipasi persebaran virus yang memang sangat mudah menular ini. Untuk warga yang dinyatakan sebagai orang dalam pengawasan masing-masing sudah dilakukan isolasi di rumah.

Adapun terjadinya peningkatan tersebut tidak hanya kategori OPD saja. Namun juga dalam Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang semula, warga yang masuk dalam PDP hanya 1 orang kini meningkat menjadi 2 orang. ”Mereka yang dinyatakan sebagai PDP ini sudah dirawat secara intensif di rumah sakit rujukan RSUD Wonosari,” ucapnya.

Terkait dengan upaya yang ditempuh saat ini, Dinas Kesehatan sudah melakukan edukasi kepada masyarakat, desinfeksi pada fasilitas pelayanan publik dan mempersiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit untuk perawatan. Pihaknya juga sudah membuat Surat Edaran tentang penanggulangan Covid-19, memantau ODP dan PDP serta juga menambah ilmu.

Kadinkes Gunungkidul meminta masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan tetap melakukan perilaku hidup sehat dan tetap mengindahkan ketentuan sebagaimana telah dilakukan pemerintah terkait dengan antisipasi dan penyebaran virus Korona ini. ”Masyarakat diminta tetap melakukan perilaku hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit,” ucapnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI