KKN-PPM UGM Promosi Pencegahan Stunting

WONOSARI (KR) – Menurut data Laporan Seksi Gizi Dinas Kesehatan DIY tahun 2019, jumlah balita stunting di Kabupaten Gunungkidul masih menduduki peringkat pertama di antara kabupaten lain, dengan persentase sebesar 17,94%.

Berangkat dari kenyataan tersebut, Auliana Hayu Kusumastuti sebagai tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Kapanewon Patuk Gunungkidul, baru-baru ini mengadakan lomba foto pencegahan stunting dan webinar awam kesehatan bertajuk “Cegah Stunting Itu Penting” untuk masyarakat umum, terutama warga Desa Nglanggeran dan Ngoro-oro, Kapanewon Patuk.

Kepada KRJogja.com, Minggu (25/4) Aulina menjelaskan, webinar awam kesehatan digelar melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube KKN-PPM UGM Patuk. Webinar awam ini menghadirkan dua pembicara ahli, yakni Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), M.P.H., Ph.D dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) yang menyampaikan materi mengenai “Stunting, Pencegahan Stunting, dan Kurva Referensi Pertumbuhan Nasional” dan Andi Giyatno, S.Tr.Gz sebagai Koordinator Bidang Gizi dari Puskesmas Patuk II yang menyampaikan topik “Upaya Penanggulangan Masalah Gizi di UPT Puskesmas Patuk II Gunungkidul”.

BERITA REKOMENDASI