KKN-PPM UMY Beri Pendampingan LAZIZMU Panggang

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pengurus Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZIZMU) Panggang Gunungkidul mendapatkan pendampingan dari Tim Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Ekonomi/Ekonomi dan Bisnis UMY. Tema yang diangkat dalam pendampingan ini yakni ‘Analisis Kinerja Lembaga Zakat : Studi Kasus Lazismu Kapanewon Panggang Kalurahan Girisekar’.

Ketua tim Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma, SE., M.Ec mengatakan kegiatan ini diberikan untuk memberikan pendampingan manajerial organisasi kepada LAZISMU Kapanewon Pangganggg. Sehingga dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari setiap kegiatannya.

“Untuk memberikan pendampingan untuk mengoptimalkan transparansi dana yang terjadi di dalam kegiatan LAZISMU Kapanewon Panggang seperti keluar masuknya dana yang didapatkan,” ungkapnya.

Kegiatan pendampingan pengurus lazizmu ini tersusun dari 2 macam program yakni program pokok dan program bantu. Untuk program pokok meliputi penyusunan road map lembaga zakat.

“Konsep pendampingan Mustahiq produktif dan konsumtif, manajemen keuangan untuk mustahiq produktif dan konsumtif, strategi pengelolaan dana zakat yang efektif dan pengelolaan media sosial dan pengisian konten akun media social. Program bantu mencakup pemberian APD berupa masker dan hand wash, dan pemberian voucher kouta internet,” imbuhnya.

Secara umum, pengurus LAZIZMU sangat terbantu dengan kegiatan KKN mahasiswa karena para pengurus mendapat pengetahuan tatacara pengelolaan lembaga zakat. Disamping juga mendapatkan sharing keilmuan langsung dari ahli zakat nasional.

Program kerja untuk Organisasi Masyarakat LAZIZMU Kapanewon Panggang diantaranya yaitu penyusunan road map lembaga zakat, konsep pendampingan Mustahiq produktif dan mustahiq konsumtif, manajemen keuangan untuk Mustahiq produktif dan Mustahiq konsumtif, strategi pengelolaan dana zakat yang efektif dan [-pengelolaan media sosial dan pengisian konten akun media sosial.

Sedangkan program bantu yang diberikan diantaranya pemberian APD berupa masker dan hand wash dan pemberian voucher kuota internet. Keseluruhan program kerja berhasil dilaksanakan dengan lancar, dengan rata-rata keberhasilan sekitar 80%.

Dengan adanya program penyusunan road map, LAZIZMU Kapanewon Pangang dapat membuat road map meskipun masih dalam proses pengerjaan hingga kini dan tercetus gerakan baru yaitu gerakan sedekah subuh LAZIZMU Kapanewom Panggang. Melalui pendampingan Mustahiq kosumtif dan produktif, LAZIZMU Kapanewom Panggang memiliki Mustahiq produktif yang nantinya akan menjadi muzakki

Selanjutnya program manajemen keuangan untuk mustahiq konsumtif dan mustahiq produktif, kini LAZIZMU Kapanewom Panggang mengetahui hal-hal untuk mengatur keuangan konvesional maupun melewati aplikasi www.lazis.id. Dengan diberikannya program pengolahan zakat yang efektif kini pengurus LAZIZMU Kapanewom Panggang sudah dalam proses dalam pengaturan keuangan zakat yang efektif. (Van)

UMY

BERITA REKOMENDASI