Kodim Gunungkidul Dukung Swasembada Pangan

WONOSARI (KRjogja.com)  – Mendukung program pemerintah dalam mencapai swasembada pangan, Kodim 0730 Gunungkidul melaksanakan tanam padi serentak di Dusun Ngasem Utara, Plembutan, Playen. 

Kegiatan dihadiri Dandim 0730 Gunungkidul Letkol Inf Muh Taufik Hanif Y SSos, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulturan Azman Latif, Kepala Gudang Bulog, prajurit kodim dan melibatkan 200 orang. 

"TNI siap membantu mengatasi kesulitan petani. Baik dalam distribusi pupuk, bibit dan lainnya. Hasil panen nantinya juga bisa dijual ke Bulog. Karena TNI bekerjasama dengan Bulog dalam penyerapan gabah dan beras," kata Letkol Inf Muh Taufik Hanif Y SSos, Minggu (13/11/2016). Penanaman padi serentak wilayah Kodim 0730 tersebut dilaksanakan bersama Kelompok Tani Sumber Rejeki. 

Diungkapkan, tanam padi merupakan terobosan TNI AD khususnya prajurit Kodim 0730 dengan pelopor Babinsa. Karena personel Babinsa menjadi ujung tombak mendorong petani dalam penanaman padi. Proses penanaman menyasar lahan seluas 20 hektar di Playen. "Jenis yang ditanam berupa Ciherang dengan pola tanam jajar legowo. Karena sudah musim penghujan tentunya sangat cocok mulai dilakukan penanaman padi,” ujarnya.

Dandim menambahkan, peranan Babinsa di lapangan memang cukup penting. Karena melakukan pendampingan dan memberikan motivasi kepada petani dalam mengolah lahan pertanian. (Ded)

BERITA REKOMENDASI