Kodim Gunungkidul Salurkan Air Umbul Sejauh 2,5 Km ke Dusun Sureng

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Jajaran Kodim 0730 Gunungkidul berhasil mengalirkan air sejauh 2,5 km menuju ke permukiman warga di Dusun Sureng Desa Purwodadi  Kecamatan Tepus, Sabtu (21/09/2019). Dengan dialirkannya air tersebut warga yang semula dilanda kekeringan kini dapat menikmati air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Komandan Kodim (Dandim) Gunungkidul, Letkol (Inf) Nopy Laksana Armyanta mengatakan selama ini sekitar 100 kepala keluarga memanfaatkan mata air (umbul) Sureng untuk kebutuhan sehari-hari. Namun jarak mata air yang jauh dari dusun membuat warga harus berjalan kaki menempuh jarak yang cukup jauh.

"Laporan dari Babinsa mengatakan jika warga harus berjalan kaki jauh untuk dapat menikmati air bersih, apalagi saat musim kemarau seperti ini. Setelah mendapat laporan tersebut kami segera membahasnya dan secepat mungkin membantu mengatasi kesulitan rakyat," tegas Dandim disela karya bhakti pembuatan saluran air bersih Umbul Sureng.

Setelah melakukan pengkajian, akhirnya jajaran Kodim Gunungkidul memutuskan untuk menyalurkan air tersebut ke dusun. Air disalurkan menggunakan pipa yang disambun sejauh 2,5 km menuju bak penampungan dekat rumah warga.

Dari bak penampungan inilah warga bisa memanfaatkan air Umbul Sureng tersebut tanpa harus berjalan kaki jauh. Dengan dibangunnya instalasi air bersih diharapkan mampu mengatasi kesulitan warga dalam pengadaan air bersih.

Koordinator pembangunan, Kapten (Inf) Suwardi mengatakan sekitar 50 anggota Kodim Gunungkidul terlibat dalam karya bhakti ini dengan melibatkan pula prajurit Denpal IV/2 Yogyakarta Peltu Slamet Maryanto sebagai teknisi. Puluhan warga Dusun Sureng juga turut membantu para personel sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat selesai dalam waktu kurang dari tiga hari.

"Ini baru titik air pertama di wilayah Desa Purwodadi yang berhasil kami kerjakan, masih banyak sumber air lainnya yang bisa kami salurkan untuk masyarakat. Untuk sementara air ditampung dalam bak, kedepan kami akan menyalurkannya langsung ke rumah-rumah warga," ungkap Suwardi. (Van)

BERITA REKOMENDASI