‘Konangan’ Isteri, Suami Depresi Gagal Bunuh Diri

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Upaya percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang ayah sebut Ww (40) warga Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul berhasil digagalkan keluarganya. Ayah beberapa anak tersebut sebelumnya nekat hendak melakukan gantung diri. Beruntung upaya  mengakhiri hidup tersebut berhasil digagalkan istrinya Ny Suripmiyati (37) hingga jiwanya berhasil diselamatkan.

“Belum diketahui yang bersangkutan berusaha mengakhiri hidup, dugaan sementara karena mengalami depresi,” kata Kanit Reskrim Polsek Karangmojo, Iptu Pudjijono Kamis (08/08/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kejadian, peristiwa tersebut  bermula saat Ww yang berprofesi sebagai penjaja sosis keliling sudah berhari-hari dagangannya tidak laku. Terlebih banyak rentenir atau ‘bank’ harian menagihnya ke rumah. Disinyalir Ww terjerat hutang kepada rentenir yang meminjami modal usaha dengan skema harian.“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan saudara Ww ini tidak punya uang sehingga tagihan-tagihan ini tidak terbayar dan tertekan,” imbuh Iptu Pudjijono.

Tanpa sepengetahuan keluarganya Ww memasangkan tali ke salah satu kerangka rumah dengan maksud akan berusaha gantung diri. Agar aksinya tidak diketahui keluarganya malam itu ia mematikan lampu. Namun saat ia sudah berdiri di atas motor hendak mengikat tali ke leher mendadak istrinya datang dan memergoki suaminya hendak gantung diri. Seketika itu juga saksi langsung histeris hingga menimbulkan perhatian tetangganya dan berusaha untuk menolongnya.

“Yang bersangkutan  memang akhir-akhir ini sudah menunjukkan gelagat mencurigakan dan sempat meminta maaf kepada orang-orang terdekatnya,” ucapnya.

Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung  mengambil langkah penanganan dengan menugaskan anggota Bhabinkamtibmas memberikan penyuluhan agar yang bersangkutan tidak melakukan hal yang tidak diinginkan. Pendekatan personal, pengawasan dan pendampinggan kepada  Ww terus dilakukan agar jangan sampai melakukan bunuh diri. Terkait dengan kasus tersebut Polsek Karangmojo berkomitmen untuk menindak tegas praktik rentenir atau lembaga keuangan illegal yang merugikan dan meresahkan masyarakat. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI