KPU Gelar Pilihan Ketua Osis di 3 Sekolah

WONOSARI (KRjogja.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul akan menyelenggarakan Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS). Masing-masing SMA Negeri 1 Wonosari, SMK Negeri 1 Wonosari dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonosari. 

Tiga sekolah tersebut menjadi pilot proyek pendidikan pemilih, yang biaya penyelenggaraanya akan ditanggung KPU Gunungkidul. Pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis) ini merupakan tahun pertama yang diselenggarakan KPU. 

"Rencananya tahun selanjutnya jumlah sekolah yang menyelenggarkan pilkasis ditambah. Pilkasis rencananya diselenggarakan 26 September 2016 yang akan datang," kata Ketua KPU Gunungkidul M Zaenuri Iksan SAg Jumat (02/09/2016).

Sebagaimana tahapan pemilu pada umumnya, sekarang sudah diawali dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Selanjutnya dilakukan tahap persiapan yakni pembentukan panitia, penyusunan program dan anggaran, penyusunan dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pada tahap pelaksanaan meliputi, tahap pencalonan ketua OSIS, kampanye, penyiapan logistik, pemungutan suara dan perhitungan suara dan dilanjutkan penetapan calon terpilih. "Tahapannya seperti dalam pemilu biasanya. Pilkasis merupakan miniatur pemilu,” tambahnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI