KPU Gunungkidul Sortir 618.012 Surat Suara

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengerahkan 300 orang untuk sortir dan pelipatan surat suara DPR RI. Diperkirakan untuk surat suara yang lain akan segera datang ke KPU, sehingga ditargetkan sebelum akhir bulan, sortir atau lipat suara pemilu bisa diselesaikan.

Divisi Teknis Penyelenggaraa KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengungkapkan, jumlah surat suara untuk DPR RI ini sebanyak 618.012 lembar. Pelaksanaan sortir dan pelipatan ini mengerahkan 300 orang. “Untuk surat suara pemilu lainnya informasinya akan segera tiba di KPU,” kata Andang Nugroho disela-sela memantau pelaksanaan sortir surat suara, Kamis (21/03/2019).

Diungkapkan pada pelaksanaan sortir ini memang ditemukan beberapa surat suara yang mengalami kerusakan, namun jumlah masih sedikit. Kerusakan ini ada yang berlubang, namun ada juga yang terkena tinta akibat dari cetakan. “Sesuai dengan peraturan, surat suara ini harus dipastikan tidak ada kerusakan atau tercoret apapun,” imbuhnya.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Supami SSos menambahkan KPU juga sedang melaksanakan simulasi untuk penghitungan cepat. Proses ini untuk melakukan perhitungan cepat pada saat pelaksanaan pemungutan suara.

Nantinya pada hari pemungutan, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suaran (KPPS) akan mengirimkan hasil rekapitulasi ke KPU melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). “Karena jumlah TPS cukup banyak, diperkirakan hitung cepat bisa dilihat setelah tiga hari,” imbuhnya.

Andang menuturkan, penyimpanan logistik pemilu KPU memang berada di tiga lokasi. Pertama di gedung induk KPU, kantor bekas Pengadilan Agama dan gudang di Baleharjo.

Karena jumlah logistik cukup banyak, nantinya apabila seluluh kelengkapan sudah siap akan dilakukan setting. Rencananya untuk pemberangkatan distribusi logistil suara dilakukan melalui 2 tempat penyimpanan logistik sehingga tentunya akan lebih mempercepat distribusi logistik pemilu. (Ded)

BERITA REKOMENDASI