KPU Gunungkidul Tunda Tahapan Pilkada

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul secara resmi menunda pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hal ini menindaklanjuti instruksi KPU pusat dalam rangka pencegahan kasus Korona atau Covid-19. Penundaan ini diputuskan dalam SK KPU No 263/- PP.04.02-PU/3403/KPU-Kab/III/2020.

”Tahapan pilkada Gunungkidul ditunda. Hal ini menindaklanjuti Keputusan KPU RI. Batas penundaan belum ditentukan, masih akan menunggu instruksi selanjutnya dari KPU pusat,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani.

Sejumlah tahapan yang ditunda KPU Gunungkidul diantaranya Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan meliputi penyampaian dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati, verifikasi faktual tingkat desa, rekapitulasi dukungan tingkat kecamatan hingga kabupaten. Pemberitahuan hasil rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon bupatiwakil bupati, penyerahan syarat dukungan perbaikan, pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan, verifikasi adminisrasi dan kegandaan dokumen dukungan perbaikan.

”Serta penyampaian syarat dukungan hasil perbaikan pasangan bupati dan wakil bupati, verifikasi faktual perbaikan hingga rekapitulasi dukungan hasil perbaikan tingkat kecamatan dan kabupaten,” ucapnya.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menambahkan, tahapan lain yang ditunda yakni pemberikan PPDP, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Tahapan tersebut meliputi penyusunan daftar pemilih oleh KPU Gunungkidul dan penyampaian kepada PPS, serta Pencocokan dan Penelitian. ”Penundaan ini memang dalam rangka untuk mendukung pencegahan penyebaran Virus Korona atau Covid 19,” ujarnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI