KPU Verifikasi Dukungan Calon Independen

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabipaten Gunungkidul terus berjalan. Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul kembali melakukan verifikasi administrasi dukungan calon independen. Karena sebelumnya dalam rapat pleno, pasangan calon indepnden belum memenuhi minimal syarat jumlah dukungan.

“Kedua pasangan calon independen memberikan berkas dukungan dari waktu yang telah dijadwalkan. Kini masih berproses untuk verifikasi dukungan. Bila nantinya memenuhi syarat akan dilakukan verifikasi factual kembali di lapangan,” kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, Senin (03/08/2020).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam rapat pleno hasil verifikasi factual baik pasangan calon Ir Kelik Agung Nugroho – Yayuk Kristyawati dan pasangan calon Anton Supriyadi – Suparno sama-sama belum memenuhi batas minimal syarat yakni 45.443 dukungan. Jika nantinya verifikasi administrasi ini lolos atau memenuhi syarat akan kembali dilaksanakan verifikasi faktual namun tidak dari rumah ke rumah.

“Memang berbeda dari teknis sebelumnya, jika nantinya memenuhi syarat akan dilakukan verifikasi faktual namun pendukung dikumpulkan,” imbuhnya.

Ahmadi menambahkan, KPU sekarang juga masih dalam tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih, pemilihan bupati dan wakil bupati Gunungkidul 2020. Telah dilaksanakan sejak 15 Juli dan rencananya berakhir pada 13 Agustus mendatang. Tahapan lain yakni nantinya pada sekitar akhir Agustus KPU akan mengumumkan berkait dengan pendaftaran peserta pilkada Gunungkidul. (Ded)

BERITA REKOMENDASI