KUA Panggang Cegah Maraknya Rentenir

Editor: Ivan Aditya

WONOSARI, KRJOGJA.com – Mencegah banyaknya warga yang terjerat rentenir, Kantor Urusan Agama (KUA) Panggang menginisiasi dibentuknya Kampung Zakat. Kepala KUA Panggang H Endra Muhadi MA mengatakan, dibentuknya Kampung Zakat bermula dari warga ada yang terjerat rentenir. Selanjutnya dilakukan pengumpulan dana oleh 3 orang, jumlah dana tersebut diberikan kepada kelompok warga yang menyelenggarakan pertemuan setiap malam Sabtu.

“Dana secara bergiliran diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa pinjaman tanpa bunga,” kata H Endra.

Pinjaman tersebut untuk mendukung kelangsungan usaha yang ditekuni masyarakat. Jika usahanya sudah berjalan akan dikembalikan.

Langkah ini merupakan upaya untuk menekan rentenir yang akan memberatkan masyarakat, sehingga warga dapat memperoleh pinjaman uang tanpa dibebani bunga yang sangat memberatkan. “Kampung Zakat diharapkan bisa berkontribusi menekan rentenir,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos memberikan apresiasi inisiasi tokoh agama, warga dan lembaga di Kecamatan Panggang. Langkah tersebut mendukung pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan karena banyak masyarakat yang ternyata masih terjerat rentenir.

“Program Kampung Zakat ini diharapkan menjadi salah satu solusi warga dapat memperoleh pinjaman tanpa bunga. Sehingga dapat mendorong ekonomi masyarakat semakin baik,” terangnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI