Kurban, Waspadai Penyakit Cacing Hati

WONOSARI (KRjogja.com) – Menjelang Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan (Dipeter) Gunungkidul mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit cacing hati. Termasuk kemungkinan penyakit antraks pada hewan ternak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dinas membentuk personel melakukan pengawasan. Serta mengaktifkan laboratorium kesehatan hewan (keswan).  

“Dinas sudah menyiapkan personel untuk memantau jalannya penyembelihan hewan kurban. Bagi takmir masjid atau masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan bisa langsung ke dinas,” kata Kepala Dipeter Kabupaten Gunungkidul drh Krisna Berlian, Rabu (24/08/2016).

Dikatakan, seluruh petugas nantinya disebar di titik-titik pemotongan hewan kurban. Karena memang personel terbatas, satu petugas akan memantau sejumlah titik pemotongan hewan. Bahkan pengurus Hari Besar Islam sudah diimbau untuk melaporkan titik atau lokasi pemotongan hewan. Melalui penempatan ataupengawasan petugas di lapangan tentu membantu kelancaran penyembelihan hewan kurban. Termasuk  bila ada temuan akan dilakukan penanganan.

“Karena tidak seluruhnya terpantau oleh petugas, tentu bagi takmir atau masyarakat yang mengetahui terdapat temuan penyakit pada hewan kurban bisa langsung menghubungi dinas atau petugas di lapangan,” jelasnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI