Lagu KIE Dikembangkan BPMPDPKB

KULONPROGO (KRjogja.com) – Lagu untuk komunikasi informasi edukasi (KIE) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dikembangkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kulonprogo.

"Lagu untuk KIE dimulai sejak 2014 lalu. Hingga kini tercipta 78 lagu, dan 17 di antaranya diluncurkan ke publik (diakses melalui YouTube) dan dapat dipakai siapa saja untuk KIE program KKBPK. Dari 17 lagu yang diluncurkan, 2 lagu yaitu "Kampung KB" saat Kepala BKKBN dan Gubernur DIY di Pedukuhan "Kampung KB" Tegiri 2 Hargowilis Kokap, dan "Ngopo Tuku" pada Puncak Harganas XXIII Tahun 2016 Kulonprogo," kata KaSub Bidang Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDPKB Kulonprogo, Drs Mardiya, Minggu (04/09/2016).

Lima lagu lainnya (Donyane Wis Kebak, Generasi berencana, KB Pancen Nyoto, Wis Tekan Jamane, dan Ayo Dho Usaha) diluncurkan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY tahun 2015 dan 10 lagu terakhir 29 Juni 2016.

BPMPDPKB statusnya hanya menciptakannya saja. Lagu dikemas berdasarkan isi program KKBPK berintikan 5 hal: pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga, serta pengelolaan kependudukan.

Dikatakan Mardiya, pengembangan lagu untuk KIE oleh BPMPDPKB, didasarkan pada realita bahwa masyarakat selain membutuhkan informasi membutuhkan pula hiburan. Banyak warga yang merasa jenuh dengan penyuluhan seperti itu-itu saja, ceramah atau tanya jawab semata yang sangat formal dan serius. (Wid)

BERITA REKOMENDASI