Latih Wirausaha, Siswa Madrasah Bimtek Membatik

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Siswa MAN 1 Gunungkidul mengikuti bimbingan teknis (bimtek) membatik di Gedung PGRI. Kegiatan Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul ini menjadi bekal bagi para siswa untuk memiliki kemampuan berwirusaha. Sehingga selain akan memiliki kemampuan bidang akademik, siswa bisa meningkatkan keterampilan dalam membatik.

“Bimtek ini cukup banyak manfaatnya. Bisa memberikan bekal kepada siswa dalam berwirausaha. Untuk ekstra membatik sudah terintegrasi dalam mata pelajaran tata busana,” kata Salah satu Guru MAN 1 Gunungkidul Hermawan, Senin (06/12/2021).

Pelaksanaan bimtek dilaksanakan selama satu hari dengan didukung dana keistimewaan. Sekretaris Disbud Agus Mantara MM di damping Kabid Warisan Budaya Agus Budi Sulistyo MM menambahkan, bimtek ini untuk memberikan keterampilan bagi siswa. Sehingga siswa ini dapat mengenal, bahkan memiliki kemampuan dalam membatik. Terlebih batik merupakan salah satu seni budaya asli Indonesia. Bahkan di Gunungkidul ini telah muncul beraneka ragam untuk batik.

“Bimtek ini sebagai salah satu program dalam pelestarian warisan budaya,” jelasnya. (Ded)

 

 

BERITA REKOMENDASI