Layani Kebutuhan Air 200 Jiwa di Dungmas

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Wakil Bupati Gunungkidul DR Drs H Immawan Wahyudi MH meresmikan Program Berbagi Air PKPU Human Initiative Cabang Yogyakarta di Dusun Dungmas, Watusigar, Ngawen. Pembangunan sarana air bersih ini pada tahap awal mampu melayani 70 KK atau sekitar 200 jiwa warga Dusun Dungmas.

“Tahap awal untuk 70 KK namun bisa dikembangkan untuk menjangkau warga lainnya. Pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat dengan dibentuk kelompok atau pengurus,” kata Kepala Cabang PKPU Yogyakarta Muthori, Sabtu (08/12/2018).

Kegiatan dihadiri Camat Ngawen Slamet Winarno, muspika, perangkat desa dan undangan. Sarana air bersih ini dengan melakukan pengeboran sedalam 80 meter. Bahkan debitnya cukup bagus dan diangkat ke bak utama selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat.

Diungkapkan masyarakat juga diberikan pemahaman tentang pola hidup bersih dan sehat serta penggunaan air yang efisien, sehingga untuk pengelolaan air di Dusun Dungmas nantinya dapat berjalan optimal. “Masyarakat diberikan pengetahuan tentang hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengapresiasi bantuan fasilitas atau sarana air bersih PKPU. Karena memang untuk mengatasi permasalahan air bersih diperlukan dukungan berbagai pihak. Harapannya nanti sarana air bersih ini benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat. Termasuk pengelolaannya akan memberikan manfaat bagi warga di Dusun Dungmas, Kecamatan Ngawen.

Permasalahan air bersih memang selalu muncul setiap tahun. Padahal berdasarkan tahun sebelumnya, rata-rata tiap tahun dibangun 20 sumur bo, karena memang Gunungkidul wilayahnya sangat luas, sehingga air bersih masih diperlukan oleh masyarakat.

“Dukungan dari berbagai pihak. Termasuk PKPU ini tentunya mendukung program pemerintah dalam upaya layanan air bersih kepada masyarakat,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI