Lestarikan Budaya, YKNI Gelar Sarasehan hingga Pentas Musik

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Mendorong pelestarian seni dan budaya,  Yayasan Kampung Nuswantara Indonesia (YKNI) bersama berbagai komunitas mengadakan kegiatan bertajuk Kolaborasa di Wulenpari, Beji, Patuk, Jumat (17/1/2020) dan Sabtu (18/1/2020). Kegiatan dihari pertama berupa workshop diikuti perancang mode kebudayaan tentang fashion corak asli Gunungkidul. 

“Harapannya nanti ada desain khas Gunungkidul untuk fashion. Sehingga menjadi identitas lokal kekinian, anak muda juga bisa memakai fashion tersebut,” kata Ketua Yayasan Kampung Nuswantara Indonesia Aminudin Azis dalam keterangan persnya di Wonosari, Rabu (15/1/2020).

Diungkapkan, hasilnya diharapkan ada produk fashion khas Gunungkidul. Termasuk acara kuliner memunculkan makanan khas. Bahkan digelar pemutaran film dari Padang. Sedangkan untuk, Sabtu (18/1/2020) dilaksanakan penanaman pohon. Gerakan ini unuk ikut mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir. Termasuk mengadakan aksi bersih-bersih sampah di kawasan sungai.  

“Juga ada diadakan sarasehan dengan para pelaku seni. Membahas berbagai hal strategi untuk mengembangkan seni dan kebudayaan. Sedangkan pada malam harinya digelar pentas musik. Sehingga dalam kegiatan Kolaborasa ini menampilkan musik, film, fashion dan kuliner,” imbuhnya.(Ded)

BERITA REKOMENDASI