Libur Panjang, 43.093 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Selama libur panjang (Paskah) Obyek Wisata (Obwis) dibanjiri wisatawan sari berbagai daerah dan dari luar DIY. Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul mencatat lebih dari 43 ribu wisatawan membanjiri pantai selatan dan sejumlah obwis lain dengan angka kunjungan tertinggi di pantai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, selama libur akhir pekan kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul mengalami peningkatan kunjungan. Sejak hari Jumat (02/04/2021) kunjungan mencapai 9.479 orang, pada hari Sabtu (03/04/2021) sebanyak 14.373 orang, dan Minggu (040/4/2021) sampai pukul 16.00 WIB mencapai 19.242 orang dalam tiga hari mumulatif mencapai 43.093 pengunjung. “Kunjungan wisatawan terbantak di pantai Baron dan Pulang Sawal (Indrayanti) “Puncaknya pada hari Minggu kemarin,” katanya Senin (05/04/2021).

Melonjaknya jumlah wisatawan pada libur panjang paskah ini memang sudah diprediksi sebelumnya. Karena itu pihaknya mempersiapkan penambahan jumlah personel keamanan dan pengawasan wisatawan. Hal ini dilakukan karena diprediksi ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul saat libur paskah. Ubtuk tambahan jumlah tim pengamanan selama libur panjang dan akhir pekan mencapai 400 personel tersebar di seluruh obwis pantai maupun goa dan air terjun. “Untuk pengawasan (protokol kesehatan) kemarin yang dilakukan Satpol PP dan Tim SAR Satlinmas baik Korwil I maupun II,” imbuhnya Senin (05/04/2021).

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Didik Purwanto ketika dihubungi membenarkan terjadi peningkatan pengguna jalan nasional maupun arah menuju obwis Pantai Selatan. Tetapi meskipun terjadi peningkatan volume pe gguna jalan tetapi cukup lancar dan terkait dengan peningkatan pengguna jalan mengoptimalkan petugas operasional dan sari masing-masing Polsek Patuk, Playen, Wonosari, Karangmojo, Tanjungsari, Tepus, Panggang dan Purwosari. “Selama libur panjang berjalan lancar tidak terjadi kemacetan maupun angka lecelakaan lalin,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI